Anggota Fraksi Golkar Jatim Mundur

LIPUTAN6: Dua anggota Dewan Perwakilan Daerah Jawa Timur dari Fraksi Partai Golkar Soetomo dan Edy Wahyudi mengundurkan diri. Itu terjadi setelah mereka terlibat kasus manipulasi kunjungan kerja ke luar negeri dan kuatnya desakan untuk mengusut kasus tersebut.

Sebelumnya, Soetomo, Wakil Ketua DPRD Jatim, diduga sebagai pejabat pembuat surat perjalanan dinas palsu ke luar negeri yang ditolak Ketua DPRD Bisrie Abdul Jalil. Sedangkan Edy wahyudi, Sekretaris Komisi B selama ini dikenal sebagai anggota dewan yang sering melakukan negosiasi dengan pihak luar yang menjadi rekan kerja komisi.

Menanggapi alasan penguduran dirinya lantaran didesak induk organisasinya, keduanya menyangkal. Mereka menyatakan penguduran diri itu atas dasar kesadaran sendiri. Sementara itu, Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar gatot sudjito mengungkapkan, pihaknya telah menerima surat pengunduran kedua anggotanya tersebut dalam rapat pimpinan baru-baru ini.

Selain itu, Sudjito mengakui, pihaknya juga telah meminta jajaran pimpinan DPRD untuk lebih tegas menangani kasus Komisi B DPRD. Bahkan, Golkar mendesak agar dibentuk Panitia Khusus untuk mengusut tuntas kasus itu lantaran terkesan adanya konspirasi politik dari partai politik lain, mengingat mudahnya polisi masuk ke dewan. Kendati demikian, usulan pembentukan Pansus ditentang habis-habisan oleh parpol yang memiliki wakil di DPRD setempat. (*)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: