4 Kandidat Bersaing

BANJARMASIN POST: Empat kandidat bakal calon walikota Surabaya bakal bersaing dalam pemilihan langsung, Juni mendatang. Keempat calon itu, Bambang DH, Gatot Sudjito, Erlangga Satriagung dan Alisjahbana.

Bambang DH yang sebelumnya menjabat sebagai walikota Surabaya periode 2000 – 2005, akan berpasangan dengan praktisi pers, Arif Affandi. Pasangan itu diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Calon lainnya, Gatot Sudjito dari Partai Golkar, akan berpasangan dengan Yosafah Suharto yang diusung oleh Partai Damai Sejahtera. Namun, munculnya pasangan ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan intern partai.

Calon ketiga, Erlangga Satriagung yang kini menjabat ketua Kadinda Jawa Timur. Erlangga berpasangan dengan AH Tony diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional.

Sedang calon keempat, pasangan Alisjahbana – Wahyudin Husien yang dicalonkan Partai Kebangkitan Bangsa. Namun, munculnya Alisjahbana masih mendapat tentangan sebagian kalangan PKB.

Malah, belasan orang tak dikenal, Rabu (13/4), sempat melakukan penghadangan terhadap pasangan Alisjahbana – Wahyudin Husien, saat mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

Aksi nekad tersebut sempat mengejutkan kedua pasangan yang baru saja akan memasuki kantor KPU di Jalan Adityawarman, Surabaya.

Ketika itu, rombongan Alisjahbana baru saja datang dari melakukan ziarah di Makam Sunan Ampel. Begitu mobil rombongan datang, tiba-tiba beberapa orang tak dikenal melakukan penghadangan dan menutup pintu masuk.

Kontan, aksi segelintir orang itu membuat marah pendukung pasangan Alisjahbana – Wahyudin Husien. Nyaris terjadi bentrok antara kedua kubu.

Polisi berhasil memisahkan kedua kubu. Baru setelah itu, pasangan yang dicalonkan PKB itu berhasil masuk ke kantor KPUD Surabaya. Pasangan cawali-cawawali langsung mendaftarkan diri ke panitia pendaftaran. Pendaftaran diterima salah satu petugas KPU Fordinal Sihombing.(*)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: