Hari Ini Pilkada Surabaya Ada 38 TPS Rawan

SUARA MERDEKA: Tahapan paling penting pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Surabaya digelar hari ini (Senin, 27/6). Sebanyak 1,9 juta pemilih warga Kota Pahlawan akan memberikan suaranya di TPS-TPS se-antero kota ini. Dari 4.872 TPS biasa dan 29 TPS khusus pada pilkada kota ini, sekitar 38 TPS dikategorikan rawan.

Kenyataan tersebut dikatakan Kapolwiltabes Surabaya Kombes Pol Sutarman kepada wartawan di Surabaya, Minggu (26/6). Mantan Direktur Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polda Jatim ini mengemukakan, kategori TPS rawan didasarkan atas besar jumlah pemilih di TPS tersebut berada di kawasan yang selama ini diindikasikan petugas rawan, dan kemungkinan tindak kriminal ketika pemilih memberikan hak suaranya.

Dia menambahkan, TPS rawan tersebut tersebar di wilayah Surabaya Utara dan Surabaya Timur. Di kawasan Surabaya Utara, TPS yang diindikasikan rawan berjumlah 14 TPS. Di kawasan Surabaya Timur, jumlahnya sekitar 24 TPS. “Kita sudah antisipasi TPS-TPS rawan tersebut. Prinsipnya, petugas siap mengamankan,” katanya.

Bagaimana bentuk pengamanannya? Mantan ajudan presiden semasa Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini menyatakan, pada TPS-TPS rawan ada peningkatan jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan TPS tersebut. Tentu dalam pengamanan itu polisi bekerja sama dengan petugas instansi terkait lain, seperti Satpol PP serta Kesbang dan Linmas. “Ya, pasti kita tingkatkan petugas di TPS yang kita nilai rawan,” tegasnya.

Dalam konteks pengamanan pilkada Kota Surabaya, Polwiltabes menerjunkan 4.600 personel. Mereka ditempatkan di TPS-TPS dan lokasi strategis lain di kota terbesar kedua di Indonesia ini.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua Panwas Pilkada Kota Surabaya Machmud Suhermono menyatakan, pihaknya telah bekerja maksimal untuk membersihkan semua gambar, atribut, spanduk, baliho, dan alat peraga lainnya dari pasangan calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali). Kalaupun ada warga berpartisipasi membersihkan alat peraga kampanye secara swadaya, itu bukan bentuk pelanggaran hukum. “Tak ada persoalan. Malah kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi mereka,” katanya.

Pilkada Kota Surabaya diikuti 4 pasangan. Yakni Erlangga Satriagung-AH Thony yang didukung PAN dan Partai Demokrat; Bambang DH-Arif Afandi diusung PDI Perjuangan; Gatot Sudjito-Benyamin Hilly di-back up Partai Golkar dan PDS; dan Alisjahbana-Wahyudin Husain didukung PKB. (*)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: