BK Mulai Periksa Lambertus Dkk

HARIAN SURYA: Setelah sempat batal, Badan Kehormatan (BK) DPRD Jatim akan menggelar sidang etik dengan memanggil anggota dewan yang diadukan bermasalah, Senin (29/1) ini. Agenda rapat, membahas kasus pimpinan FPG yang menolak RAPBD Jatim 2007.

“Rabu minggu lalu rapat batal. Tapi besok (hari ini, Red) BK mulai membahas pengaduan pelanggaran etik yang masuk,” kata Ketua BK DPRD Jatim Masjkur Hasjim saat dihubungi Surya, Minggu (28/1).

Rapat perdana di awal 2007, BK mendapat dua laporan cukup menonjol karena sempat menjadi polemik di media massa. Pertama, kasus etika pimpinan DPRD Jatim Fathorrasjid dkk atas laporan anggota FKB Ja’far Shodiq dan Syamsul Hadi.

Kedua, dugaan pelanggaran tata tertib pimpinan Fraksi Partai Golkar (FPG) Lambertus W Majong dkk atas laporan anggota FPP Muhammad Mirdasy. Untuk rapat besok hari ini, BK mengundang Lambertus dkk.

Mudah-mudahan mereka hadir. Sedangkan perkara lain –dengan terlapor pimpinan dewan– belum bisa diundang. Kami masih akan membahasnya lebih lanjut di BK,” urai politisi senior PPP itu.

Menurut Masjkur pembahasan masalah tersebut akan dibicarakan bersama lima anggota BK yaitu Didik Setyobudi, Gatot Sudjito, Lutfi Abdul Hadi, Endah Nizar, Ali Muji dan Yunus Roichan.

Kalau hasil pembahasan nantinya ada unsur-unsur pelanggaran etika, kami segera meminta persetujuan pimpinan dewan untuk dibuatkan rekomendasi untuk mengevaluasi kinerja terlapor,” tegas Masjkur.

Diwawancara terpisah, Wakil Ketua FPG DPRD Jatim yang juga anggota BK Gatot Sudjito membenarkan adanya undangan rapat dari BK Jatim. Namun ia mengaku tidak tahu agenda yang akan dibicarakan.

Saya dapat undangan melalui SMS. Saya tidak tahu saya ini diundang sebagai Wakil Ketua FPG atau sebagai anggota BK? Mudah-mudahan ini undangan diajak makan-makan,” canda Gatot.

Terkait tuduhan pelanggaran etik FPG terkait kepergian menghadap Mendagri agar RAPBD Jatim direvisi, menurut Gatot hal itu merupakan tugas yang diamanatkan Partai Golkar. “Yang kami lakukan jadi duta DPD PG Jatim mengawal RAPBD agar sejalan dengan aspirasi masyarakat,” katanya.


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: