AMPG Dukung Soenarjo

JAWA POS:Pundi-pundi dukungan kepada Ketua DPD Partai Golkar (PG) Jatim Soenarjo dari organisasi sayap PG terus bertambah. Setelah Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), kini giliran Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) yang siap berdeklarasi mendukung Wagub Jatim tersebut.

Dukungan kepada Wagub Jatim itu rencananya dideklarasikan dalam rapat koordinasi (rakor) pimpinan AMPG se-Jatim di Kantor DPD Partai Golkar Jatim, Jalan Ahmad Yani, hari ini. “Salah satu agenda rakor AMPG besok (hari ini, Red) adalah sosialisasi hasil rapat pleno beberapa waktu lalu. Yakni, dukungan pencalonan Pak Soenarjo menjadi cagub,” kata Ketua AMPG Jatim Gatot Sudjito kemarin.

Menurut anggota Komisi C DPRD Jatim tersebut, rapat pleno pengurus AMPG Jatim Rabu (20/6) sepakat mendukung Soenarjo. Salah satu pertimbangannya, lembaganya merupakan underbow PG. “Tentu, taat asas menjadi pertimbangan tersendiri dalam menyatakan dukungan kepada Soenarjo,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, sebetulnya deklarasi dukungan kepada ketua DPD PG itu hanya satu agenda rakor. Agenda utama adalah konsolidasi kelembagaan di tubuh AMPG. Terutama menjelang pemilihan kepala daerah serta persiapan Pemilu 2009. Rencananya, rakor hari ini dihadiri langsung ketua umum DPP AMPG. “Sebagai organisasi sayap, AMPG semakin menguatkan partai di tingkat kabupaten dan kota masing-masing,” ungkapnya.

Sebelumnya, melalui rapat pleno diperluas akhir Mei lalu, DPD AMPI Jatim juga siap mendukung Soenarjo maju menjadi cagub. Dukungan kepada mantan Sekdaprov Jatim itu diberikan karena yang bersangkutan telah memenuhi kriteria-kriteria yang ditetapkan AMPI. Di antara, Soenarjo dinilai sebagai sosok birokrat yang berjuang dari level bawah hingga meraih posisi wakil gubernur. Selain itu, organisasi tersebut melihat Soenarjo adalah figur yang merakyat.

Dukungan organisasi sayap itu tentu cukup berpengaruh dalam penentuan cagub dari Partai Golkar. Sebab, dalam konvensi nanti, organisasi sayap atau badan otonomi memiliki persentase suara 10 persen. Sisanya, DPP memiliki persentase suara paling besar, DPD provinsi 30 persen dan DPD kabupaten/kota 20 persen. Karena itu, Soenarjo setidaknya sudah mencuri poin di organisasi sayap tersebut.

Sementara itu, konvensi penentuan cagub dari PG yang semula direncanakan minggu keempat Juni ini hampir dipastikan batal. Sebab, hingga kini, DPP belum memberikan rekomendasi. Kabarnya, konvensi itu dilaksanakan awal Juli mendatang.

Kepada wartawan, Soenarjo menyatakan, penyelenggaraan konvensi itu menunggu hasil survei kedua yang dilakukan DPP. (*)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: