Keputusan MK Berdampak Persiapan Pilkada di Daerah

MEDIA INDONESIA dan INDOPOLITIK.COM: Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membuka calon independen dalam pemilihan kepala daerah, berdampak pada persiapan penjaringan calon kepala daerah yang sekarang dirintis sejumlah partai politik di Jawa Timur.

“Meski belum berdampak, tapi keputusan itu pasti berpengaruh pada persiapan kita dalam penjaringan calon kepala daerah,” kata Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Gatot Sudjito kepada Media Indonesia di Surabaya, Rabu (25/7).

Sejumlah partai politik di Jawa Timur kini mempersiapkan penjaringan calon gubernur Jawa Timur. DPD Partai Golkar Jatim malah sudah menetapkan cagub yakni Soenarjo.

Selain itu, DPD PDI Perjuangan juga kini menggodok dua calon gubernur Jatim Sutjipto dan Soekarwo, DPW PPP mengusung nama Faried Al Fauzi, DPW PAN mengusung nama Suyoto, sedangkan DPW PKB menjaring empat calon, yakni Joko Subroto, Haris Sudarno, Achmady dan Sulistyo.

Hampir semua parpol telah menetapkan sejumlah nama baik mereka berasal dari kalangan sipil maupun militer. Namun, dengan keputusan itu, parpol akan lebih serius lagi dalam menjaring calon.

Menurut Gatot, karena Golkar sudah memutuskan calon gubernurnya, maka calon tersebut harus all out agar tidak kalah dengan calon indepeden nanti.

“Jadi, tidak mungkin kita menarik calon yang sudah kita ajukan, tapi kita minta agar calon lebih all out bisa memenangkan pemilihan kepala daerah nanti,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua DPW PAN Jatim Suli Daim. Menurut Suli, keputusan Mahkamah Konstitusi berdampak pada persiapan penjaringan karena parpol harus hati-hati dalam memilih calon.

PAN akan mengusung nama calon yang benar-benar kredibel, sebab jangan sampai kalah dengan calon independen. “Pengaruhnya memang sangat besar, terutama persiapan masing-masing parpol dalam mencari calon,” katanya.

Namun Suli tetap yakin calon independen tidak bisa bersaing dengan calon yang dibawa parpol. “Di mana-mana calon independen susah menang, kecuali Aceh, karena memang sudah dibangun puluhan tahun,” katanya.(*)

25 July 2007 10:29


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: