Kenaikan Gaji PNS Dipertanyakan

JAWA POS: Janji pemprov untuk menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil ditagih DPRD Jatim. Komisi C (keuangan) kemarin mempertanyakan hal tersebut kepada pemprov.

Wakil Ketua Komisi C Gatot Sudjito menyatakan bahwa dana gaji pegawai sebenarnya telah dianggarkan dalam APBD 2007. Dana tersebut juga telah masuk di Dana Alokasi Umum. Pemprov sendiri telah menjanjikan kenaikan gaji tersebut sejak Januari 2007. “Uangnya sudah ada kok belum dicairkan. Lalu ke mana uang itu?” katanya.

Selama ini komisi C sudah seringkali mempertanyakan kepada Sekdaprov Soekarwo mengenai kenaikan gaji tersebut. Namun, Sekdaprov tidak memberikan jawaban yang meyakinkan. “Tidak ada kepastian tentang pengucuran dana tersebut. Itulah yang membuat kami bingung,” ujarnya.

Menurut Gatot, kenaikan gaji akan berpengaruh secara langsung terhadap kinerja pegawai. Jika pemprov memenuhi janjinya bisa dipastikan semangat kerja PNS pemprov Jatim meningkat. “Kalau golongan III dan IV tidak berpengaruh banyak. Yang kasihan kan golongan I dan II. Kenaikan gaji ini amat berarti utnuk mereka,” ungkapnya. Karena itulah, komisi C berencana memanggil kembali Sekdaprov beserta pejabat terkait.

Kepala Biro Keuangan Pemprov Jatim Nur Wiyatno mengatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan kenaikan gaji PNS sebesar 15 persen tersebut dalam rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) 2007. “Kami sudah memasukkannnya dalam PAK. Tinggal menunggu pengesahannya saja,” ujarnya.(*)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: