Golkar-PKB Ngotot Dekati Ali

JAWA POS: Terpilih kembali sebagai ketua PW NU Jatim membuat Ali Maschan Moesa kian menjadi rebutan parpol. Setidaknya, Golkar dan PKB sudah terang-terangan “melamar” Ali sebagai bakal calon wakil gubernur (bacawagub). Meskipun sudah terikat kontrak jamiyah, dua parpol itu seakan tidak peduli.

“Tentu kami sangat senang dengan terpilihnya Ali Maschan. Bagaimanapun, beliau merupakan sosok yang sangat populis. Keberadaannya (sebagai bacawagub, Red) akan membuat kami makin kuat,” kata Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim Gatot Sudjito kepada Jawa Pos kemarin (6/11).

Bahkan, secara terang-terangan, Gatot menyatakan bahwa Golkar bakal memprioritaskan nama Ali Maschan sebagai alternatif utama untuk mendampingi Soenarjo (bacagub Golkar). “Dalam waktu dekat, pendekatan-pendekatan akan kami lakukan secara intensif. Kami berharap semua bisa tuntas sebelum November nanti,” jelasnya.

Gatot menambahkan, berdasar hasil survei, Soenarjo-Ali Maschan dianggap duet paling ideal untuk bertarung dalam pilgub nanti. Dasar inilah yang makin membuat Golkar ngebet menggandeng Ali.

Bagaimana kontrak jamiyah soal larangan ketua PW NU untuk berpolitik? Golkar tampaknya tidak terlalu memedulikan hal itu. Mereka tetap jalan terus. “Meski demikian, kami tetap menghormati internal NU. Kami tidak akan mencampuri urusan itu. Tapi, komunikasi akan terus kami lakukan. Saya yakin NU punya pemikiran serupa,” ungkapnya.

Meski demikian, Golkar mengaku tetap menyiapkan alternatif jika gagal menggandeng Ali. Beberapa nama sudah dikantongi. Di antaranya, yang santer disebut adalah Saifullah Yusuf.

Partai lain yang juga ngebet untuk memasukkan nama Ali sebagai daftar bacawagub adalah PKB. Karteker DPW PKB Jatim beberapa kali nyambangi Ali di arena konferwil. Malah, Ketua Umum Dewan Syura DPP PKB KH Abdurrahman Wahid juga mengunjungi Ali.

Meski demikian, hingga saat ini, mereka masih menampik hal itu. “Belum ada apa-apa. Kami hanya silaturahmi. Kami ingin memberikan dukungan moral kepada Pak Ali untuk kembali memimpin NU,” kata Ketua Karteker DPW PKB Jatim Hasyim Karim.

Sementara itu, Ali Maschan masih memberikan jawaban yang berputar-putar terkait dengan masalah pilgub. “Kalau saya disuruh milih, saya lebih sreg untuk maju menjadi ketua PB NU. Kita tidak usah ngomong sesuatu yang belum pastilah,” tegasnya. (*)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: