DPRD Surabaya Tidak Setuju SPP Digratiskan

SMU-NET: Rencana penggratisan sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) siswa SMUN kelas III di Surabaya tidak mendapatkan persetujuan pihak DPRD. Pasalnya, DPRD menilai hal itu berbau politis.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua DPRD Surabaya Gatot Sudjito akhir pekan lalu. Menurut dia, apabila memang Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berniat membebaskan uang SPP siswa, sebaiknya tidak diberikan pada siswa kelas III saja.

Atau justru, kata Gatot, pembebasan SPP seharusnya diberikan pada siswa SD dan bukan siswa SMU. “Saya nilai berbau politis karena siswa SMU kelas III ini kan nantinya merupakan pemilih pertama dalam pemilu.”

Pembebasan SPP bagi siswa kelas III SMU dikatakan dia tidak tepat sasaran. Sebab, mereka yang bisa sekolah di SMU kelas III berarti kehidupan ekonominya sudah mencukupi.

Akan tetapi, berbeda dengan siswa SD di mana saat ini masih banyak orang tua yang keberatan menyekolahkannya. Maka sebaiknya, pembebasan SPP diberikan pada siswa SD. Menurut Gatot, pihak Dewan tidak bakal menyetujui perubahan anggaran keuangan 2003 yang akan diajukan pihak Pemkot Surabaya pada Agustus ini.

Sementara itu, anggota Komisi E DPRD Surabaya AH Thony menilai pembebasan SPP itu justru menyebabkan kecemburuan. Pasalnya, dalam kebijakan pembebasan SPP itu berlaku secara umum, dalam artian siswa mampu dan tidak mampu digratiskan semua. “Harusnya berlaku subsidi silang, dalam artian siswa mampu tetap membayar guna membantu yang miskin.”

Thony juga menanyakan kontinuitas dari program tersebut. Sebab, pembebasan itu dilakukan karena adanya kenaikan pendapatan PAD. Dia mempertanyakan bagaimana bila tahun ke depan ternyata PAD tidak naik atau justru menurun. “Tetapi pada dasarnya, DPRD Surabaya menyambut baik rencana penggratisan SPP tersebut.”

Seperti diketahui, Pemkot Surabaya berencana akan menggratiskan uang SPP bagi siswa kelas III SMUN selama setahun hingga lulus. Menurut Plt Kepala Dinas Infokom Pemkot Surabaya Juli Subianto, rencana pembebasan SPP itu akan diajukan ke DPRD. Uang SPP siswa kelas III itu akan ditanggung Pemkot Surabaya melalui APBD yang diajukan dalam perubahan anggaran keuangan 2003. (*)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: