Jusuf Kalla Batal Datang, Deklarasi Salam Dipimpin Agung Laksono

SURYA: -Deklarasi pasangan Soenarjo-KH Ali Maschan Moesa di GOR Pantjasila, Minggu (23/3). bakal berlangsung tanpa kehadiran Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla (JK). Sebagai gantinya, Ketua DPR RI Agung Laksono yang ditunjuk untuk memimpin deklarasi tersebut. Kepastian ketidakhadiran JK tersebut disampaikan Gatot Sudjito, Ketua Panitia Deklarasi Salam, akronim pasangan Soenarjo-KH Ali Maschan Moesa. “Bapak Ketua Umum mendelegasikan ke Pak Agung Laksono, Ketua DPP,” ujar Gatot, Jumat (21/3).

Ia menuturkan, ketidakhadiran JK ini dikarenakan ada kegiatan kenegaraan. Karena halangan itu, maka orasi politik akan dilakukan Agung Laksono. “Pak Agung akan hadir bersama 30 orang rombongan dari DPP Partai Golkar,” ujarnya.

Selain Agung, Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi juga dijadwalkan menghadiri deklarasi tersebut. Selain itu, juga penasehat Partai Golkar Prabowo Subijanto dan sejumlah kiai di Jatim. “Kami juga mengundang KH Miftahul Akhyar (Rois Syuriah PWNU Jatim),” katanya.

Menurut Gatot, acara deklarasi ini juga akan dimeriahkan longmarch sebanyak 1.000 orang relawan Salam dari jalan Adityawarman menuju GOR Pantjasila. “Karenanya, kami mohon maaf, jika minggu pagi nanti para pengguna jalan sedikit terganggu. Tapi, kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” katanya.

Selain arak-arakan jalan kaki, Soenarjo-Ali Maschan juga akan diarak dengan jeep terbuka dari Taman Bungkul menuju lokasi. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, juga akan diisi dengan istigosah. “Karena Pak Ali itu dari nahdliyin, maka kami lakukan istigosah,” ujarnya.

Objektif
Sementara itu, menanggapi penilaian pengamat politik asal Unair, Haryadi tentang popularitasnya yang merosot dibanding empat bulan sebelumnya, cagub Soenarjo kembali menepisnya. Menurutnya, riset itu tidak objektif.

“Melakukan riset atau survei itu harus objektif. Responden harus memenuhi syarat, baik jumlah maupun pemetaannya. Kalau tidak akibatnya survei akan meleset,” ujar Soenarjo usai menghadiri acara bertajuk Jagongan Dulur Dhewe, Mangayu Bagyo Dies Natalies GMNI Ke-54 di Hotel Elmi Surabaya, Jumat (21/3).

Soenarjo yakin popularitasnya sampai saat ini tak berubah. Meski begitu, ia akan meningkatkan sosialisasi untuk menarik simpati pemilih dalam pilgub Jatim nanti. “Awal April 2008 ini sosialisai akan dimulai,” katanya.

Saat ini pihaknya sedang membuat tim pemenangan gabungan antara kekuatan Soenarjo dengan Ali Maschan. Tim struktural dari Golkar dan NU, sedang nonstruktural dari para relawan. “Tim nonstruktural ini yang justru diperbanyak Karena ada di mana-mana, dan bisa masuk ke mana-mana,” ujarnya. (bet)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: