Ribuan Pendukung Siap Iringi Soenarjo-Ali

SURYA: -Deklarasi pasangan cagub cawagub Soenarjo-Ali Maschan (Salam) Moesa di Gelora Pantjasila, Minggu (23/3) hari ini dipastikan berlangsung meriah. Ribuan massa pendukung Salam dari Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya yang menjadi pengiring pasangan ini diperkirakan akan memacetkan sejumlah ruas jalan di Surabaya. “Jumlah massa kami perkirakan 15.000-20.000 orang. Mereka adalah para pendukung pasangan ini, baik dari Golkar, ormas dan kaum nahdliyin,” tutur Gatot Sudjito, Ketua Panitia Deklarasi Salam, Sabtu (22/3).

Sejumlah jalan yang berpotensi macet dan perlu diwaspadai di antaranya Jl Indragiri, sebagian Jl Diponegoro, Jl Bogowonto, Jl Musi serta Jl Dr Soetomo. Jalan ini akan dilewat massa yang mengarak pasangan Soenarjo-Ali Maschan yang berangkat dari Taman Bungkul.

“Tapi tak perlu khawatir, kami menurunkan ratusan satgas dari AMPG untuk mengatur lalu lintas bersama polisi,” kata Andik, salah satu koordinator acara di sela gladi bersih kemarin.Ia mengatakan, rencananya pasangan Salam akan diarak dengan 2.000 mobil dan kendaraan roda dua dari Taman Bungkul. Sesampai di Gelora Pantjasila, pasangan ini akan dideklarasikan. Sedangkan rombongan tetap melakukan arak-arakan sampai pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, rapat syuriah PWNU kemarin dikabarkan telah memberhentikan KH Ali Maschan dari jabatannya. Ali dinilai melanggar Kontrak Jam’iyah dan tidak patuh kepada syuriah terkait keterlibatannya dalam Pilgub Jatim pada 23 Juli 2008.

Saat dikonfirmasi ke KH Zainuddin Djazuli, anggota Syuriah PWNU, ia menyangkalnya. Menurut Zainudin, rapat kemarin memutuskan meminta Ali Maschan mengundurkan diri. “Meski hakikatnya begitu (diberhentikan), bahasanya bukan dipecat. Itu tidak etis,” tuturnya.

KH Zainudin mengaku telah menghubungi Ali Maschan. Namun belum ada titik temu dan penyelesaian masalah itu. “Saya sudah telepon beliau. Agak sulit, beliau tetap maju,” ujarnya.Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) memberikan dukungan suara secara resmi pada pasangan Soenarjo-Ali Maschan. Dukungan tersebut akan dinyatakan dalam deklarasi SOKSI di Hotel Satelit hari ini. “Jika selama ini suara SOKSI ada yang masih condong ke pasangan Pakde Karwo-Gus Ipul, maka mulai besok kami solid mendukung pasangan Salam,” yakin Lawrence TP Siburian, Ketua Bidang Hukum dan HAM Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. (tof)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: