Akbar Tandjung: Tak Harus Soenarjo

Soal Bacagub Pilihan Kader Golkar

Jawa Pos: -Ada statemen menarik dari mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar Akbar Tanjung terkait pencalonan Soenarjo-Ali Maschan Moesa (Salam) dalam Pilgub Jatim. Menurut mantan ketua DPR itu, kader Golkar tidak harus menyalurkan pilihannya kepada Salam. “Kalau ada calon yang lebih baik, ya silahkan memilih di luar calon yang disusun Golkar,” katanya saat dikonfirmasi di Surabaya kemarin.

Pernyataan Akbar itu secara tak langsung mementahkan kebijakan elite Golkar yang meminta kader beringin mendukung pencalonan Salam. Bagi Akbar, sangat wajar jika pimpinan Golkar menyerukan jajaran di bawahnya untuk mendukung Salam. Namun, Akbar menyatakan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk diberi kesempatan memilih calon lainnya.

Seperti diketahui, tiga kader Golkar maju dalam pilgub. Selain Soenarjo, ada juga Ridwan Hisjam dan Djoko Subroto. Di antara ketiga calon itu, Akbar dikenal memiliki kedekatan khusus dengan Ridwan. Beberapa kali mengantar Ridwan road show ke berbagai daerah di Jatim. Bahkan, kemarin dia dan Ridwan datang bersama dalam acara maulid Nabi di Ponpes Tambak Beras Jombang.

Meski demikian, Akbar hanya menjawab secara diplomatis ketika ditanya mengenai peluang Ridwan, Soenarjo, maupun Djoko Subroto memenangkan Pilgub. “Saya belum bisa memberikan analisis. Semuanya berpeluang. Tinggal bagaimana memanfaatkan faktor pendukung yang ada,” katanya.

Sementara itu, salah seorang tim sukses Salam, Gatot Sudjito, menegaskan bahwa penetapan Soenarjo sebagai bacagub Golkar sudah melalui mekanisme partai. “Saudara Soenarjo terpilih melalui proses yang sangat demokratis,” katanya. Karena itu, secara otomatis semua kader Golkar akan mendukungnya. “Tidak perlu lagi dipertanyakan masalah itu,” tegasnya.

Gatot justru mempertanyakan kapasitas Akbar Tandjung. Menurut dia, Golkar adalah partai yang tidak pernah mengutuskan seseorang sekalipun orang itu dulunya kader terbaik partai. “Pak Akbar pasti tahu sekali tentang hal itu,” katanya. (Jawa Pos, 13 April 2008)


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: