Memantapkan Persiapan Pemenangan SALAM

Artikel

Oleh Gatot Sudjito

PARTAI Golkar Jatim lebih waspada menghadapi Pilgub Jatim pasca kegagalan pasangan cagub yang diusung Partai Golkar kalah dalam Pilgub Jabar dan Pilgub Jateng. Apalagi Partai Golkar Jatim bukan pemenang Pemilu Legislatif 2004 di tingkat propinsi. Sehingga, peta politik Pilgub Jatim yang perlu mendapat perhatian ekstra adalah menggarapan wilayah tapal kuda untuk pemenangan pasangan Soenarjo-Ali Maschan Moesa (SALAM).

Tim Pemenangan SALAM memiliki kepanjangan tangan di tingkat kabupaten/kota se Jatim. Tim Pemenangan Kabupaten/Kota ini disahkan dengan SK dari Tim Pemenangan SALAM di tingkat propinsi. Pembentukan Tim Pemenangan Kabupaten/Kota menjadi tanggung jawab Ketua DPD Partai Golkar tingkat kabupaten/kota masing-masing. Pembentukan Tim Pemenangan SALAM di tingkat kabupaten/kota minimal harus melibatkan unsur Partai Golkar, NU, parpol pendukung, dan relawan.

Kerangka kegiatan pemenangan SALAM terdiri atas 3 langkah. Pertama, kegiatan sosialisasi pasangan SALAM. Sosialisasi lewat media massa (cetak, elektronik) nasional dan regional, ditangani Tim Pemenangan Propinsi. Sosialisasi yang ditangani Tim Pemenangan Kabupaten/Kota adalah sosialisasi lewat radio amatir lokal, spanduk, banner, poster, kalender, pamflet, stiker, dan sejenisnya.

Kedua, kegiatan kampanye. Sesuai jadual KPUD Jatim, wilayah kampanye dibuat 5 zona secara bergilir untuk 5 pasangan cagub. Pasangan SALAM dijadual pada:

  • Tanggal 6,8,9 Juli 2008, Zona B, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Mojokerto (Kab/Kota), Kediri (Kab/Kota), Jombang. Jumlah massa 5.000 orang, mengenakan tribut minimal topi SALAM, dipusatkan di Jombang.
  • Tanggal 10, 11 Juli 2008, Zona C, Malang (Kab/Kota), Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Batu, dipusatkan di Bondowoso.
  • Tanggal 12,13,14 Juli 2008, Zona D, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, dipusatkan di Bangkalan.
  • Tanggal 15,16,17 Juli 2008, Zona E, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan (Kab/Kota), Probolinggo, dipusatkan di Sidoarjo.
  • Tanggal 18,19 Juli 2008, Zona A, Ngawi, Magetan, Madiun (Kab/Kota), Ponorogo, Nganjuk, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Blitar (Kab/Kota), dipusatkan di Nganjuk.

Kegiatan kampanye tersebut, selain kampanye terbuka, juga dlakukan kampanye dalam bentuk lain. Yakni gerak jalan sehat, istighotsah, bakti sosial.

Ketiga, penyiapan saksi di TPS. Jumlah saksi “sangat ideal” adalah 10 orang. Mereka adalah 4 saksi dari PG, 4 saksi dari NU, 2 saksi dari parpol pendukung/relawan. Jumlah saksi “ideal” adalah 5 orang. Mereka adalah 2 saksi dari PG, 2 saksi dari NU, 1 saksi dari parpol pendukung/relawan. Sedangkan jumlah saksi “minimal” sebanyak 3 orang. Mereka adalah 1 saksi dari PG, 1 saksi dari NU, 1 saksi dari parpolpendukung/relawan.

Tugas saksi secara rinci minimal sebagai sebagai berikut:

  • Mengecek data pemilih yang berpotensi mendukung SALAM benar-benar telah dapat surat panggilan nyoblos ke TPS.
  • Memastikan pemilih yang berpotensi mendukung SALAM benar-benar dapat hadir ke TPS.
  • Mengawasi proses pencoblosan agar benar-benar tidak ada kecurangan.
  • Mengawasi perhitungan suara agar tidak ada kecurangan.
  • Mengambil sikap bila terjadi kecurangan baik selama proses pencoblosan maupun perhitungan suara, dan melaporkan kepada Tim Pemenangan SALAM pada tingkatan diatasnya.
  • Mencatat dan melaporkan hasil perhitungan suara kepada Tim Pemenangan Salam pada tingkatan diatasnya.

Disamping itu, Partai Golkar Jatim juga memiliki program pembinaan saksi pasca Pilgub 2008. Mereka akan dipersiapkan menjadi saksi pada Pemilu 2009.

Langkah politik Partai Golkar Jatim ke depan:

  • Mengantisipasi “penggembosan” dari kader Partai Golkar yang tidak puas terhadap kepemimpinan ketua umum JK.
  • Mengantisipasi “penggembosan” dari mantan kader Partai Golkar yang sudah hengkang, bahkan mendirikan parpol lain yang segmen pemilihnya yang dibidiknya sama dengan segmen pemilih Partai Golkar.
  • Merangkul tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruhi di daerahnya untuk kepentingan Pemilu 2009 terutama saat Pemilu Legislatif 2009 bagi Partai Golkar.
  • FPG DPRD juga “diperintahkan” aktif mengkritisi kebijakan pemerintah daerah, terutama yang kepala daerahnya atau wakilnya bukan berasal dari kader Partai Golkar.
  • Memperbanyak jumlah “pelanggan baru” Partai Golkar, terutama dari pemilih baru yang berasal dari konteks politik “Keluarga Besar Golongan Karya” yang pernah eksis di era orde baru. Mereka ini adalah pemilih baru dari keluarga TNI-Polri (jalur A), PNS (jalur B), dan kader Golkar (jalur G). Orang tua mereka pada era orde baru adalah “pelanggan lama” Golongan Karya yang kini menjadi Partai Golkar.
  • Mengoptimalkan peranan Pokkar untuk menggaet “pelanggan baru” dengan target minimal 1(satu) kader dapat menggaet 2 (dua) “pelanggan baru”.

1 Response to “Memantapkan Persiapan Pemenangan SALAM”


  1. 1 ghufron. Skom July 6, 2008 at 9:23 am

    Bersamaan dengan kami informasikan bahwa pemilih di wilayah Kel.Sawunggaling yang mencapai 23.578 yang terbagi dalam 45 TPS kami mohon kepada Yth. Bpk Dr soenarjo untuk melakuksanakan kampanye di wilayah kami terutama diwilayah Joyoboyo dan sekitarnya yang menurut sepengetahuan saya sebagai KPPS dari dulu hingga sekarang bahwa pendukung figur dari birokrat yang berpoengalaman memimpin jawatimur mendapat atensi dimasyarakat kami dan kami mohon untuk kiranya untuk saksi ke 45 TPS DI wilayah Kel sawunggaling dapat berkoordinasi dengan kami yang pernah juga dllibatkan untuk pemilihan saksi-saksi partai golkar tahun 2004 demikian atas perhatiannya dan kerjsamanya kami mengucapkan banyak terima kasih. up to 081357332709/0315663941


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: