Kursi Fathor Diperebutkan, Langkah Ja’far Dihambat Pimpinan Dewan

SURYA fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPRD Jatim pimpinan Jakfar Shodiq mendesak agar kursi Ketua DPRD Jatim yang ditinggalkan Fathorrasjid untuk segera diisi. Namun pimpinan dewan menginginkan kursi tetap kosong hingga proses pergantian antar waktu (PAW) terjadi.

“Calon ketua dewan ini tak perlu menunggu masuknya 18 anggota FKB hasil PAW. Sebab sesuai aturan, jabatan ketua DPRD menjadi hak dari FKB,” ujar Jakfar Shodiq, saat ditemui di gedung DPRD Jatim, Jumat (20/2)

Jakfar menegaskan dalam pengajuan nama calon ketua DPRD Jatim ini, FKB harus mengajukan minimal dua nama. Kemudian, dua nama tersebut dipilih dalam sidang paripurna. “Siapa yang akan diajukan untuk mengisi jabatan ketua ini tergantung pada partai,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya juga tengah mengajukan nama-nama anggota FKB untuk duduk di beberapa posisi yang kosong akibat diberhentikannya Fathor dan 17 anggota FKB yang menyeberang ke PKNU. Nama-nama ini enam orang diajukan duduk di panitia anggaran dan enam orang lagi di panitia musyawarah. FKB mendapatkan jatah delapan orang di kedua perangkat dewan tersebut.

Tampaknya usulan FKB ini tak berjalan mulus. Termasuk pula usulan untuk pembacaan perubahan susunan pimpinan dan anggota fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) sendiri. Menurut Jakfar faktornya adanya konspirasi kelompok-kelompok tertentu yang memiliki hubungan dengan Fathorrasjid. “Tujuannya, saya kira untuk mengucilkan dan mengecilkan FKB,” duga Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim.

Tiga Minggu
Terpisah Plt Ketua DPRD Jatim Suhartono Wijaya menampik anggapan konspirasi mengucilkan FKB. Ia justru menjamin proses PAW 18 anggota dewan yang baru ini akan berjalan lancar. “Maksimal butuh waktu tiga minggu,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, dewan sudah menyiapkan surat PAW ini untuk diberikan ke KPU guna dilakukan verifikasi yang ditandagantani tiga wakil ketua DPRD Jatim: Suhartono, Gatot Sudjito dan YA Widodo. “Tinggal menunggu teken dari Pak Widodo,” ujar Suhartono.

Menurut hemat Suhartono FKB tidak bisa memaksa untuk dilakukan pengisian jabatan ketua terlebih dahulu. Karena, berdasar tata tertib Pasal 37 DPRD, yang menjadi pimpinan dewan adalah fraksi terbesar. Sedangkan saat ini, de facto FKB hanya 12 orang, sehingga fraksi yang terbesar adalah FPDIP dengan 24 orang. “Kalau FKB ingin pegang kursi ketua, maka harus menunggu 18 orang itu masuk terlebih dahulu,” tutur politisi dari Partai Demokrat itu.

Sedikit berbeda pandangan, Gatot Sudjito menilai pengisian kursi ketua dewan bisa dilakukan tanpa menunggu masuknya 18 anggota FKB yang baru. Namun ia mengusulkan agar FKB berkonsultasi dengan Depdagri terlebih dahulu.


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: