Dewan dapat Kucuran Dana Reses 2,9 Miliar Rupiah

Liputan Pers
Dikutip dari: Repubika.Co.Id, Friday, 27 March 2009

SURABAYA–Ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) yang tinggal beberapa hari lagi membuat kalangan DPRD Jatim memutuskan untuk menggelar reses. Program reses ini dijadikan sebagai alat kampanye bagi mereka yang menjadi calon legislatif (Caleg).

Untuk menggelar reses ini, dewan telah diberikan kucuran dana sebesar Rp 2,9 miliar dari APBD Jatim. Dengan demikian, setiap anggota dewan –dari 100 anggota DPRD Jatim memperoleh dana reses senilai Rp 29 juta. ”Program reses itu merupakan keputusan Panitia Musyawarah,” kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim, Sudono Sueb di Surabaya, kemarin (27/3).

Reses itu sendiri berlangsung mulai 1 sampai 7 April 2009. ”Ya, secara khusus keputusan Panmus tersebut sekaligus mengubah rencana semula, yakni program reses yang dijadwalkan pada 31 Maret sampai 5 April 2009,” terang Sudono.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan bahwa berdasarkan kesepakatan yang diputuskan dari hasil rapat panmus, gelar reses itu bakal dimanfaatkan oleh para anggota dewan untuk menggalang dukungan ke konstituennya. ”Dana reses ini memang akan kami pakai sebagai program pendekatan dan mencari dukungan ke masyarakat,” paparnya.

Tak jauh beda dengan Sudono, caleg dari Partai Golkar yang juga anggota Komisi D DPRD Jatim, Yusuf Husni mengatakan, dana reses yang diberikan melalui APBD itu tentunya sudah cukup untuk menggalang dukungan pada masyarakat. ”Dana tersebut akan saya pergunakan sesuai dengan peruntukannya, yakni untuk menjaring aspirasi dari masyarakat” cetus Yusuf.

Yusuf untuk pileg 2009 ini memang mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) VIII. ”Bagi kami kegiatan reses tersebut merupakan amanah yang harus dilakukan oleh anggota dewan. Untuk dana reses ini akan kami pergunakan sebagai kegiatan melakukan penjaringan aspirasi masyarakat di bawah, bukan untuk menggalang dukungan dari masyarakat,” papar Yusuf.

Mencermati ihwal dana reses tersebut, Wakil Ketua DPRD Jatim, Gatot Sudjito mengatakan bahwa kegiatan reses itu benar-benar dilaksanakan oleh seluruh anggota dewan. Kegiatan reses, terang Gatot, merupakan satu dari sekian aktivitas yang harus dipenuhi untuk tahun 2009 ini. ”Ya, kalau kegiatan reses ini bersamaan dengan jadwal pileg, itu hanya kebetulan saja,” kilah Gatot.

Gatot mengaku yakin kalau aktivitas reses yang dilakukan dewan itu benar-benar dilaksanakan secara maksimal. Menurut Gatot, tentu tidak ada seorang anggota dewan yang berani melakukan penyimpangan anggaran dana reses tersebut.

Hal itu, papar Gatot, karena setia kegiatan yang terkait dengan program reses pasti ada pertanggungjawabannya. ”Ya, kalau ada yang mencoba menyelewengkannya tentu akan ketahuan. Selain sebagai amanah, dana tersebut harus dipakai sesuai peruntukannya, yakni sebagai upaya memberjuangkan aspirasi masyarakat,” tandas Gatot.afa/fif


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: