Kampanye “Berbaju” Reses

SURYA DPRD Jatim tiba-tiba memajukan jadwal reses para anggotanya. Jadwal yang sebelumnya akhir April diubah menjadi 1-7 April, atau dua hari sebelum pemungutan suara Pemilu Legislatif 9 April.

Pemajuan jadwal ini diputuskan dalam rapat panitia musyawarah DPRD Jatim, Rabu (25/3). Rapat itu berjalan super mulus dan hari itu terbit SK nomor 160/2025/060/2009 dengan tandatangan Wakil Ketua DPRD Jatim Gatot Sudjito.

Muncul dugaan, jadwal reses baru itu akan dimanfaatkan untuk berkampanye. Setidaknya mereka tetap punya alasan menemui para calon pemilih sekalipun sudah memasuki masa tenang. Pada masa tenang, 6-8 April, para caleg sudah “diharamkan” melakukan aktivitas penggalangan dukungan, bahkan gambar caleg dan atribut kampanye lainnya sudah dibersihkan.

Keuntungan lain, para anggota dewan punya bekal dari APBD sekitar Rp 35 juta/orang atau total untuk 100 anggota dewan mencapai Rp 3,5 miliar atau Rp 29 juta/orang setelah dipangkas pajak.

Ini cuma dana operasional. Di luar dana ini, masih ada kue politik yang menggiurkan masyarakat yang ditemuinya. Kue itu bernama proyek jaring aspirasi masyarakat (jasmas). Proyek ini memang khas.

Masyarakat hanya bisa mendapatkan kucuran dari pemprov Jatim bila mendapatkan rekomendasi dari anggota DPRD. Hebatnya lagi, setiap anggota DPRD punya hak merekomendasikan berbagai jenis proyek dengan nilai total Rp 750 juta/orang. Malah untuk anggota dewan yang punya status anggota panitia anggaran (panggar) bisa dua hingga tiga kali lipat. Paling istimewa tentu pimpinan yang bisa merekom hingga di atas Rp 5 miliar.

Wakil Ketua DPRD Jatim Gatot Sudjito membantah ada skenario menjadikan reses sebagai kampanye terselubung. “Jadwal (reses) itu sudah ditetapkan sejak awal. Kemarin tinggal rapat menetapkannya saja,” jelas Gatot, Kamis (26/3).

Kegiatan reses merupakan amanat undang-undang yang harus dijalankan semua anggota dewan. Hanya tahun ini, menurut Gatot, kebetulan berimpitan dengan hari H pemungutan suara.

“Kalau ada yang bilang menguntungkan, itu karena orang melihat pada momentum pemilu. Tapi yakin, semua akan berjalan sesuai ketentuan reses. Tidak akan ada yang berani macam-macam karena yang mengawasi juga tidak sedikit,” tegas politisi Golkar tersebut.


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: