Tuban Pertaruhan Golkar, PDIP Kehilangan 4 Kursi

SURYA Partai Golkar Jatim yakin masih mampu mempertahankan satu kantung suaranya di wilayah Jatim. Dari 38 kabupaten/kota yang rata-rata digasak Partai Demokrat, Tuban satu-satunya kabupaten yang diyakini Golkar masih bisa juara.

Di Kabupaten Tuban ini, Golkar yakin mampu mengungguli partai-partai lainnya, termasuk Partai Demokrat. Dari perhitungan sementara yang dilakukan Partai Golkar, untuk wilayah Kabupaten Tuban, partai berlambang pohon beringin ini mampu berada pada posisi atas dengan perolehan suara 47,2 persen. Disusul PDIP dengan perolehan 36 persen, PKB 34 persen, dan Demokrat 31 persen.

“Kami yakin di wilayah Dapil 9, perolehan suara kami bagus. Bahkan untuk Kabupaten Tuban kami masih unggul,” ujar Gatot Sudjito, Ketua Bapelu DPD Partai Golkar Jatim, Minggu (12/4).

Bahkan, dari perhitungan sementara ini, lanjut Gatot, untuk wilayah Bojonegoro, Golkar mampu meraup suara hingga 40 persen. “Tapi, ini belum lengkap semuanya. Kemungkinan dalam minggu ini sudah selesai,” ujarnya.

Sementara PDIP Jatim juga terus mengupdate tabulasi suara, dengan perkiraan di urutan kedua. Namun, perkiraan sementara ini, PDIP Jatim berada pada posisi runner up, mengungguli PKB yang pada pemilu 2004 lalu berada pada urutan teratas.

Dengan perolehan suara sektiar 15 persen, maka perolehan kursi PDIP di DPRD Jatim akan menurun dari 18 persen dengan 23 kursi pada 2004. Untuk pileg 2009 ini, PDIP memperkirakan kehilangan tiga sampai empat kursi. “Salah satu penyebabnya, skenario besar permainan DPT,” ujar Ali Mudji, Ketua Bapelu DPD PDIP Jatim.

Sementara PAN, kader PAN untuk Dapil VI Kediri-Blitar-Tulungagung perolehan suaranya unggul. Riski Sadiq, Ketua Umum DPP Barisan Muda PAN mampu menang di empat kecamatan di wilayah Kediri, yakni Kecamatan Gurah, Papar, Pagu, dan Kayen Kidul. Ia mampu meraup dukungan sebanyak 5.962 suara.

Sementara di wilayah ini Pramono Anung (PDIP) meraup 3214 suara, dan Anas Urbaningrum (Demokrat) meraih 1998 suara. “Kami masih terus melakukan tabulasi penghitungan suara,” ujar Basuki Babussalam, dari PAN Jatim.


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: