Tim Sukses Mulai Patok Target

SURYA Tim Pemenangan Jusuf Kalla-Wiranto (JK-Win) Jatim tak memberikan target muluk-muluk, yaitu masih berlaga di putaran II pilpres 2009.

“Kalau target menang di Jatim, kayaknya kok over confident. Target kami lolos putaran kedua,” ujar Ketua Tim Pemenangan JK-WIN Jatim, Gatot Sudjito, Selasa (19/5).

Menurut Gatot yang juga Wakil Ketua DPD PG Jatim ini, antara Golkar dan Hanura Jatim sudah bertemu dan, rencananya minggu depan tim itu dideklarasikan.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, target lolos putaran kedua ini diperkirakan dapat diraih dengan mengantongi perolehan 6 juta suara di Jatim. Perhitungan ini didasarkan pada jumlah pemilih suara sah di Jatim pada pileg lalu mencapai 16 juta. Sedang jumlah pemilih yang datang ke TPS sebanyak 17 juta dari jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 29 juta.

Sementara perolehan suara pileg lalu, Golkar Jatim mampu mengantongi 9,7 persen dan Hanura 3 persen lebih. Sehingga ditambah dengan PKNU, diperkirakan total mencapai 3 juta suara. Sehingga, untuk mencapai 6 juta suara diperlukan tambahan sebesar 3 juta suara lagi. “Memang, antara pilpres dan pileg tidak sama, tetapi setidaknya ini dapat dijadikan patokan kami,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Yunianto Wahyudi mengatakan, partainya menargetkan pasangan SBY-Boediono di Jatim menang dalam satu putaran dengan 70 persen suara. “Ada sekitar 302 caleg mulai DPRD kabupaten/kota, provinsi hingga DPR RI yang asal Jatim yang bisa digerakkan,” ucapnya.

Sementara, Bendahara DPD PDIP Jatim Bambang Suhartono mengungkapkan, pihaknya menargetkan menang bagi pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto di Jatim. Meski perolehan suara PDIP kalah dari Demokrat, namun dia optimistis Mega Pro dapat mendulang suara di Jatim. “Kami masih belum merumuskan berapa tepatnya target di Jatim. Namun kami optimisitis perolehan suara Mega-Pro lebih tinggi,” ujarnya.

Beberapa daerah, lanjutnya, bakal digarap lebih serius. Pengalaman saat pileg kemarin, menjadi guru yang berarti bagi PDIP Jatim untuk lebih berhati-hati dan ketat dalam menjaga wilayahnya. “Dalam politik, tidak bisa linear dan matematis,” katanya.


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: