Soenarjo-Gatot Rebut Kursi Wapim

SURYA Perebutan kursi wakil pimpinan DPRD dari Partai Golkar mulai mengerucut. Kini tinggal dua kandidat yang bersaing ketat untuk merebut kursi jatah bagi partai berlambang pohon beringin lebat tersebut.

Kedua kandidat ini, yakni Gatot Sudjito dan Soenarjo. Sebelumnya muncul empat nama termasuk M Muchtar (sekretaris DPD Golkar Jatim) dan Sabron D Pasaribu (wakil ketua DPD Golkar Jatim).

Gatot selama ini dinilai memiliki pengalaman yang lebih. Sebab, dia pernah duduk sebagai wakil pimpinan di DPRD Surabaya. Selain itu, ia juga sempat duduk sebagai wakil pimpinan DPRD Jatim paruh waktu menggantikan Ridwan Hisjam yang maju dalam pilgub lalu.

Sebelumnya, Gatot juga pernah menjabat sebagai ketua FPG DPRD Jatim. Sehingga, pengalamannya di kursi legislatif dinilai sebagai poin lebih. Hanya saja, jabatannya di struktural partai hanya sebagai wakil ketua DPD Jatim.

Sementara, Soenarjo juga tak kalah. Ia lahir dan besar di birokrasi. Setumpuk jabatan birokrasi pernah disandangnya. Hingga, kemudian ia menjabat sebagai wakil gubernur Jatim mendampingi Gubernur Imam Oetomo. Soenarjo juga saat ini menjabat sebagai Ketua DPD PG Jatim. Sayangnya, Soenarjo yang pintar dalang ini belum pernah duduk sebagai anggota DPRD.

“Sejauh ini ada dua nama kuat yang muncul, yakni Pak Narjo dan Pak Gatot,” ujar M Muchtar, Sekretaris DPD PG Jatim, dari kedua nama yang kuat ini, Golkar Jatim akan bermusyawarah untuk menentukan siapa yang bakal duduk sebagai wakil pimpinan DPRD Jatim. Tentunya, penentuan tersebut bakal berlangsung dalam rapat pleno pengurus harian DPD PG Jatim.

“Hasil dari keputusan rapat pleno ini akan dibawa ke DPP PG. ?DPP nanti yang akan mengesahkan, siapa yang bakal ditunjuk sebagai wakil pimpinan,” katanya.

Diakuinya, dalam instruksi DPP PG, jabatan wakil pimpinan ini diutamakan bagi unsur pimpinan struktural partai. Namun begitu, dalam peraturan DPP nomor B193.Golkar.VII/2009 tentang syarat kandidat yang bakal diajukan sebagai pimpinan dewan, disebutkan salah satu syaratnya adalah memiliki integritas dan berpengalaman menjadi anggota dewan.

Selasa, 25 Agustus 2009 | 8:39 WIB |


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: