Pemimpin DPRD Mengacu Surat DPP Golkar

SURYA Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono menegaskan, kriteria atau panduan bagi calon Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar akan mengacu kepada surat Dewan Pimpinan Pusat nomor B 93/2009 tanggal 31 Juli 2009 tentang Pedoman Penyiapan Pimpinan DPRD.

Dalam surat itu, kata Agung, sejumlah kriteria digariskan adalah memiliki kemampuan melaksanakan tugas sebagai Ketua/Wakil Ketua DPRD dan berpengalaman menjadi anggota dewan. Juga tidak sedang bermasalah hukum dan berpendidikan serendah-rendahnya sarjana (S1) atau sederajat. Yang berpengalaman setidaknya pernah duduk di kepemimpinan fraksi atau komisi dan bila calon lebih dari seorang, maka keputusan diambil melalui pemungutan suara.

Sementara itu jabatan wakil ketua DPRD Jatim diperebutkan antara Soenarjo dengan Gatot Sudjito. Soenarjo yang lama berkarir di birokrat belum pernah menjadi anggota dewan. Sedangkan Gatot Sudjito pernah menjabat wakil ketua FPG serta wakil ketua DPRD Jatim.

Celakanya, rapat pleno DPD Golkar Jatim tidak berhasil mengerucutkan ke satu nama yang direkomendasi ke DPP Golkar. Sehingga pengurus mengirimkan dua nama kandidat ke DPP Golkar.

Untuk mengawal hasil putusan DPD Golkar Jatim ke DPP, maka ditunjuklah sembilan orang yang berasal dari masing-masing kubu. Sembilan orang ini bertugas mengawal secara khusus hasil keputusan rapat pleno DPD PG Jatim ke DPP PG di Jakarta. “Ini agar masing-masing kandidat mengusung aspirasinya,” terang Machmud Sardjujono, wakil ketua Golkar Jatim, Minggu (30/8).

Beberapa nama yang tercatat dalam sembilan orang khusus ini, diantaranya yakni Machmud Sardjujono, Mustoko Weni, Freddy Purnomo, dan M Mochtar. Mereka bahkan menghadap secara khusus kepada Ketua Umum Jusuf Kalla (JK).

“Pertemuan dengan Pak Ketum berlangsung pada Jumat sore. Masing-masing dari kami memberikan pandangan-pandangan,” katanya.

Namun, JK tidak menunjuk siapa yang bakal menjadi wakil pimpinan DPRD Jatim periode 2009-2014 mendatang. “Karena keputusan ini akan dibahas dalam rapat DPP. Diperkirakan minggu depan sudah turun,” katanya.

| Senin, 31 Agustus 2009 | 12:55 WIB |


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: