Bintang Jasa untuk Soekarno dan Soeharto

Liputan Pers

Dikutip dari: BeritaSatu.Com, Minggu 15 Januari 2012

Berita 5

SURABAYA, Presiden pertama Indonesia Soekarno dan Presiden ke-2 RI Soeharto dianugerahi bintang tertinggi Mahakarya Gotong Royong oleh Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR).

Dua tokoh nasional itu dinilai layak mendapat bintang jasa atas campur tangannya terhadap pendirian ormas yang kini berusia 52 tahun tersebut.

Bintang untuk Soekarno diterima oleh putra bungsunya, Guruh Soekarno Putra. Sedangkan, bintang untuk Soeharto diterima oleh putrinya, Siti Hediati atau Titiek Soeharto.

“Ini (penghargaan) merupakan hadiah bagi keluarga bung Karno, Gotong royong itulah ringkasan dari Pancasila,” kata Guruh, saat menerima penghargaan tersebut di Jakarta, hari ini.

Sedangkan, Titiek Soeharto juga memberikan apresiasi atas pemberian penghargaan tersebut.
“Saya mewakili ayah saya, bapak Soeharto, kakak dan adik-adik saya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya, semoga segala tauladan apa yang dibuat pak Harto dapat menjadi tauladan bagi kita semua,” ungkap dia.

Selain kedua pemimpin negara tersebut, Bintang Mahakarya MKGR juga diberikan kepada , pendiri MKGR RH Sugandi. Penghargaan untuk RH Sugandi itu diterima Irsyad Sudiro.

Irsyad menamakan dirinya sebagai anak ideologis Sugandi yang selama 15 tahun menjadi ajudan presiden Soekarno tersebut.

Irsyad mengatakan bahwa Soekarno telah menginspirasi RH Sugandi mendirikan ormas tersebut. Musyawarah dan gotong royong, kata dia, merupakan jawaban terhadap keanekaragaman bangsa.

Ditambahkan Irsyad, nilai-nilai MKGR didapatkan Sugandi dari Soekarno. “Musyawarah dan gotong royong adalah rangkuman yang menjadi solusi keanekaragaman,” tandasnya.


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: