Gatot Sudjito: Pencopotan ZA dari Golkar Jatim Bentuk Hukuman

Liputan Pers

Dikutip dari: Surya Online, Rabu 1 Oktober 2014

SURYA Online, SURABAYA – Pengurus DPD Golkar Jawa Timur membenarkan pencopotan Zainuddin Amali (ZA) dari jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Gatot Sudjito mengaku, dirinya sudah mendengar bahwa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) telah mencopot Zainuddin Amali dari jabatannya sebagai Ketua DPD Golkar Jawa Timur.

Pencopotan tersebut, merupakan bentuk sanksi terhadap ZA atas sikapnya yang mendukung Pilkada Langsung dalam voting Undang-undang Pilkada oleh DPR RI, 26 September lalu. Padahal Fraksi Golkar mendukung Pilkada lewat DPRD.

“Jadi pencopotan Pak Zainuddin Amali merupakan konsekuensi logis dari sikap beliau. Dan itu harus diterima,” ujarnya, Rabu (1/10/2014).

Selain ZA, 10 orang anggota DPR asal Partai Golkar lainnya juga mendukung Pilkada Langsung. Dari 11 orang, tiga orang di antaranya dipecat dari keanggotaan Partai Golkar, yakni Nusron Wahid, Agus Gumiwang, dan Poempida Hidayatulloh. Sedangkan sembilan lainnya, termasuk ZA diberi sanksi sesuai kadar kesalahan dan tidak sampai dikeluarkan dari keanggotaan.

Menurut Gatot, semua partai punya aturan main. Demikian juga dengan Golkar. Jika ada anggota atau kader melanggar garis yang sudah ditentukan partai, maka partailah yang akan menjatuhkan sanksi untuk dia.

“Apa yang dilakukan Pak Zainudin mungkin dinilai bertentangan secara kelaziman dan melanggar etika. Makanya beliau diberi sanksi,” tegas Anggota DPR dari Dapil Jawa Timur VII (Magetan, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, dan Trenggalek) ini.

Sebelum memecat ZA dari jabatannya, DPP, kata Gatot yang juga mantan Anggota DPRD Jawa Timur ini, biasanya terlebih dahulu memberikan surat peringatan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan.
Disinggung terkait pengganti ZA, Gatot mengaku belum tahu. Meski demikian, dia yakin DPP pasti akan segera memutuskan siapa pejabat yang ditunjuk sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar Jatim setelah ZA dicopot.


Gatot Sudjito

Online 1 Pebruari 2008

Arsip

Jumlah Kunjungan

  • 22,111 hits

%d bloggers like this: